• kompressupj

5 Makanan Ini Bisa Menambah Stamina Kamu di Kala Pandemi Lho, Ada Apa Aja Ya?

Sumber: Anna Pelzer di Unsplash


Di tengah pandemi Covid-19, kita dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh kita supaya dapat terhindar dari risiko tertular Covid-19 yang menyerang imun manusia. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi yang dapat meningkatkan stamina kita, Komunikan.


Stamina adalah kekuatan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk bisa bertahan baik secara fisik maupun mental, dalam jangka waktu yang lama. Kita harus menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat menambah stamina.


5 makanan di bawah ini adalah makanan penambah stamina yang disarankan untuk dikonsumsi, yaitu:



1. Pisang


Dari berbagai jenis buah yang ada, pisang menjadi salah satu buah yang dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah pisang kaya akan kandungan karbohidrat, kalium, dan vitamin B6. Selain itu, dalam pisang juga terdapat sumber gula alamu yang dapat memberikan energi sehingga tidak mudah lelah.


Sebuah studi yang dikutip dari Parenting Firstcry membuktikan bahwa mengonsumsi pisang secara rutin hal dapat membantu atlet bersepeda lebih lama dengan jarak yang lebih jauh.


2. Oatmeal


Oatmeal adalah salah satu jenis gandum yang kaya akan kandungan serat, vitamin B, zat besi, dan mangan (salah satu jenis mineral yang penting bagi tubuh). Biasanya oatmeal dijadikan makanan pengganti nasi terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet.


Hal tersebut dikarenakan oatmeal adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi sebagai sarapan sehat karena dapat dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga dapat membuat kita kenyang lebih lama dan tidak mudah lelah.


3. Telur

Makanan praktis lainnya yang dapat membantu meningkatkan stamina tubuh adalah telur. Telur adalah salah satu jenis makanan praktis peningkat stamina tubuh yang sangat mudah untuk ditemukan dimanapun. Hal tersebut dikarenakan dalam telur kaya akan protein.


Selain itu kandungan leusin dalam telur juga sangat tinggi. Leusin sendiri adalah salah satu asam amino esensial yang bermanfaat dalam proses penyerapan gula dan metabolisme lemak untuk menghasilkan energi dalam tubuh.


4. Ikan Salmon dan Tuna


Pada dasarnya ikan adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan stamina karena kaya akan protein. Terlebih lagi ikan salmon dan tuna dikenal sebagai ikan yang mengandung banyak protein serta asam lemak omega-3 yang tinggi.


Asam lemak omega-3 ini digunakan untuk meningkatkan performa serta ketahanan tubuh kita saat beraktivitas. Selain itu, ikan salmon dan tuna juga mengandung vitamin B12 yang dapat meningkatkan produksi energi dalam tubuh.


5. Sayuran Hijau


Salah satu penyebab tubuh sering merasa lelah adalah karena kekurangan zat besi. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan lainnya memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga dapat membantu menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan efisien. Dengan begitu protein yang masuk ke dalam tubuh akan diedarkan dengan baik pula oleh darah sehingga tubuh akan menjadi lebih berenergi.



Dengan mengonsumsi makanan penambah stamina, Komunikan tidak akan mudah jatuh sakit. Maksimalkan juga dengan rutin meminum air putih dan istirahat teratur, ya!





Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

12 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com