• kompressupj

5 Makanan dan Minuman Peningkat Konsentrasi


Sumber: wowkeren.com

Konsentrasi sangat dibutuhkan saat sedang belajar ataupun mengerjakan sesuatu, namun pernahkah kalian merasa sangat sulit untuk berkonsentrasi dan malah membuat kalian merasa malas untuk melakukan kegiatan? Padahal keadaan sekitar sudah sangat mendukung untuk berkonsentrasi, seperti berada di ruangan yang sepi, atau juga menghindari diri dari gangguan notifikasi smartphone.


Faktanya, untuk meningkatkan konsentrasi tidak hanya dipengaruhi dari faktor eksternal, namun juga dari faktor internal. Faktor internal yang dimaksud adalah apa yang kalian konsumsi, karena apa yang ada dalam tubuh juga dapat berpengaruh dalam meningkatkan konsentrasi. Berikut adalah makanan dan minuman yang dapat Komunikan konsumsi sehingga dapat meningkatkan konsentrasi diri:


1. Air Putih


Sumber: tentamus.com

Isi dari dalam tubuh kita 70 persen di antaranya adalah air. Setiap organ yang berfungsi di dalam tubuh akan bergantung pada air, tidak terkecuali sistem saraf yang ada di otak. Oleh karena itu, semua aktivitas dalam otak akan selalu membutuhkan air. Jika Komunikan kekurangan mengonsumsi air, maka akan membuat kalian susah untuk fokus dan kehilangan konsentrasi, kelelahan, rendahnya daya ingat, bahkan bisa sampai membuat kalian memiliki masalah tidur. Agar fungsi otak maksimal, konsumsilah air putih yang cukup, atau minimal 8 gelas dalam satu hari.


2. Kopi


Sumber: surabaya.liputan6.com

Mengonsumsi kopi atau minuman berkafein dapat menjaga kalian tetap segar dan terjaga saat harus bekerja atau mengerjakan tugas sampai malam. Namun selain itu, manfaat meminum kopi atau minuman berkafein adalah dapat menstimulasi otak, sehingga Komunikan bisa berkonsentrasi dan fokus. Selain itu, mengonsumsi minuman berkafein juga dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak, sehingga kalian bisa merasa lebih segar dan mudah untuk berkonsentrasi.


3. Ikan Salmon


Sumber: bola.com

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk otak karena dapat membangun sel-sel dalam otak, dan juga dapat memperkuat memori dalam otak. Kandungan protein yang ada dalam ikan salmon juga dapat menjaga otak, sehingga Komunikan dapat tetap fokus dan mudah berkonsentrasi dalam kegiatan sehari-hari.


4. Teh Hijau


Sumber: lifestyle.kompas.com

Mengonsumsi teh hijau seringkali dipercaya sebagai minuman yang dapat membantu kalian dalam proses menurunkan berat badan, serta berbagai kebaikan lainnya. Selain itu, teh hijau juga mengandung kafein walaupun tidak sebesar atau sebanyak kopi, namun tetap dapat membantu agar selalu fokus dan segar. Tidak hanya kafein, teh hijau memiliki kandungan yang bernama asam amino theanine yang berguna untuk meningkatkan fokus, dan meningkatkan daya konsentrasi otak.


5. Blueberry


Sumber: supermarketperimeter.com

Blueberry mengandung antioksidan yang bisa membantu meningkatkan memori otak dengan mengaktifkan enzim pelindung otak. Oleh karena itu, bagi Komunikan yang senang memakan buah blueberry, atau senang minum jus blueberry, maka akan mendapatkan khasiat yaitu meningkatkan kinerja serta meningkatkan memori otak.





Penulis: Salsa Fadila

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

95 views0 comments