• kompressupj

5 Hal yang Harus Kita Biasakan Sebelum Tua

Updated: Jun 29, 2020



“Kehidupan ini langkahnya tak terduga, tugas kita adalah menjalani dengan sebaik-baiknya, agar berjalan dalam kebahagiaan”, begitu penggalan kalimat yang pernah dikatakan oleh Mario Teguh. Artinya, kita harus mempertimbangkan setiap jalan yang kita pilih dengan baik, jalani dengan sepenuh hati, maka perjalanan dan hasilnya akan membawa kebahagiaan.


Seorang remaja atau manusia yang sedang berada di usia muda, hidupnya akan dipenuhi dengan kesenangan. Mereka banyak mencoba hal baru. Terkadang lupa bahwa ada hal yang harus dipikirkan, demi mempermudah dan bahagia di usia tua. Oleh karena itu, mari pahami dan biasakan hal yang bisa mempermudah kita jika memasuki usia tua nanti.


Hal pertama adalah hal yang paling sering dilakukan, yaitu hindari menunda pekerjaan. Jika mendapat tugas dengan deadline yang lama, biasanya banyak anak muda yang senang menunda pekerjaannya. Merasa waktu yang diberikan masih lama sehingga terlalu bersantai di saat awal-awal, lalu teringat baru akan mengerjakan ketika waktunya sudah mepet. Hal ini tentu merupakan kebiasaan buruk dan harus segera dijauhi. Jika kita mengerjakan dalam waktu yang mepet, kita jadi tidak sempat untuk mengeksplor banyak hal sehingga hasil kerja pun jadi tidak memuaskan. Jika dibiasakan sampai usia tua, kita akan merasa kewalahan karena di usia tua badan dan kemampuan tidak maksimal seperti saat kita di usia muda.


Kedua, biasakan berpikir panjang dan matang. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya, apa konsekuensi dari keputusan yang kita pilih. Tentu hal ini akan sangat berbahaya di usia tua. Semakin tua dan semakin dewasa, akan semakin banyak tanggung jawab yang kita pegang. Jika salah ambil langkah, kemungkinan kita akan berada di dalam masalah besar.


Yang ketiga, hindari pembelian kredit. Masalah ini juga berhubungan dengan kebiasaan anak muda di zaman sekarang, yaitu sifat boros atau hedonisme. Biasakan untuk membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jangan sampai karena mengikuti nafsu untuk membeli barang yang mahal, kita menabung masalah di masa depan. Di usia tua, kita tidak akan hanya menanggung diri sendiri. Kita akan menanggung keluarga maupun orang-orang terdekat. Dengan membiasakan diri terhindar dari utang, maka kita akan lebih merasakan kenyamanan dalam hidup di usia tua.


Hal yang keempat adalah biasakan untuk menabung. Hal ini bersangkutan dengan apa yang dibahas sebelumnya. Jika ingin membeli suatu kebutuhan, daripada kita melakukan kredit atau utang, akan lebih baik jika kita menabung. Dengan menabung, kita juga akan mengasah kepribadian di mana harus membiasakan diri untuk berusaha sebelum mendapatkan sesuatu.


Terakhir, hal yang paling sering dilakukan, yaitu merasa lebih asyik dengan dunia maya dibandingkan dunia nyata. Penggunaan smartphone memang sudah menjadi candu bagi kebanyakan orang, seperti quote yang sering kita dengar, "mendekatkan yang jauh, namun menjauhkan yang dekat." Perlu diingat bahwa pertemuan tatap muka tidak bisa digantikan melalui percakapan di dunia maya. Di usia muda ini, kita harus banyak berinteraksi dengan orang. Selain akan menambah relasi, kehidupan juga akan lebih mudah kedepannya. Dengan mempunyai hubungan yang baik dengan banyak orang, maka akan ada banyak orang yang akan membantu jika kita berada dalam kesulitan. 


Kelima hal tersebut adalah beberapa hal yang sepertinya sepele untuk dilakukan, namun akan sangat membantu di kemudian hari. Oleh karena itu, mari berubah menjadi pribadi yang lebih baik agar senantiasa bahagia sampai hari tua.



16 views0 comments