• kompressupj

5 Fakta Enola Holmes, Si Detektif Muda Adik Sherlock Holmes


Sumber: netflix.com


Siapa yang tidak kenal dengan salah satu detektif paling terkenal di dunia, Sherlock Holmes? Detektif yang dikenal karena kecerdasan otaknya dalam menangani kasus-kasus misteri itu ternyata memiliki seorang adik perempuan, lho. Siapakah dia?


Perempuan itu bernama Enola Holmes. Enola akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat karena kecerdasannya yang mirip dengan kakaknya, Sherlock. Sosok Enola dihidupkan oleh Millie Bobby Brown lewat sebuah series dari Netflix dengan judul yang sama, Enola Holmes.


Series milik Netflix Original ini mengisahkan petualangan penuh misteri dari adik Sherlock Holmes yang bernama Enola Holmes dalam menemukan ibunya yang tiba-tiba saja hilang tepat di hari ulang tahunnya yang ke-16. Enola hanya ditinggalkan sebuah kotak berisi kartu dengan berbagai macam bunga dan kata yang ditinggalkan oleh ibunya. Dari kotak peninggalan itulah, Enola mulai mencari keberadaan ibunya dengan memecahkan misteri yang ada di dalamnya.


Enola Holmes memiliki jalan cerita yang menarik serta terbilang lebih ‘segar’ dibandingkan dengan film Sherlock Holmes, karena dibalut dengan komedi serta kehidupan yang dekat dengan para remaja. Selain itu petualangan Enola Holmes ini juga mendatangkan banyak kritik positif di berbagai platform kritik film, seperti Rotten Tomatoes.


Lantas ada fakta-fakta menarik apa saja ya, tentang film Enola Holmes ini? Berikut pembahasannya!



1. Daftar Pemain Bertabur Bintang Ternama Dunia


Enola Holmes adalah film yang diadaptasi dari novel karya Nancy Springer. Disutradarai oleh Harry Bradbeer, Enola Holmes menyajikan beberapa bintang ternama dunia untuk menjadi pemeran di balik tokoh-tokoh yang terdapat dalam film tersebut.


Milly Bobby Brown dalam serial Stranger Things berperan di balik tokoh Enola, Henry Cavil dalam film Superman berperan di balik tokoh Sherlock Holmes, Helena Bonham dalam film Harry Potter berperan sebagai Eudoria Holmes, dan Sam Clafin dalam film Me Before You berperan sebagai Mycroft Holmes. Karena sejumlah aktor dan aktris ternama tersebut, Enola dapat mencuri perhatian para pecinta film.


2. Enola Holmes Tidak Diciptakan oleh Conan Doyle


Jika kalian berpikir kalau film ini adalah lanjutan dari serial Sherlock Holmes karya Conan Doyle, anggapan kalian salah. Enola Holmes adalah karakter dari serial buku Enola Holmes Mysteries karya Nancy Springer. Jika melihat kisah Sherlock Holmes karya Conan Doyle, Sherlock tidak memiliki adik selain Mycroft.


3. Mendapatkan Kritikan Sebelum Rilis


Walau mendapatkan berbagai kritik positif dari masyarakat, ternyata film Enola Holmes ini pernah mendapatkan kritik sebelum dirilis. Kritikan tersebut dikeluarkan oleh ahli waris dari Sir Arthur Conan Doyle, penulis novel Sherlock Holmes. Ia mengajukan gugatan terhadap film Netflix tersebut dikarenakan menurutnya mereka telah melanggar hak cipta terhadap penggambaran karakter Sherlock Holmes yang berbeda dari cerita milik Doyle yang mana terkenal sebagai penyendiri dan tidak emosional.


4. Millie Bobby Brown sebagai Sutradara Film


Selain berperan sebagai Enola Holmes, ternyata Millie Bobby Brown juga ikut ambil alih sebagai sutradara dalam film ini. Melansir CNNIndonesia.com, aktris yang masih berusia 16 tahun tersebut mengaku senang bisa menjadi produser untuk pertama kalinya lewat film Enola Holmes. Terlebih lagi film tersebut banyak mengandung unsur feminisme yang bisa ia gunakan sebagai tempat untuk menuang berbagai gagasan yang ia miliki.


5. Mengandung Unsur Feminisme yang Kental


Walaupun film ini mengenai detektif yang misterius, Enola Holmes juga turut menggambarkan fleksibilitas gender yang seringkali dibawa oleh karakter Enola dalam petualangannya. Enola digambarkan sebagai seorang gadis tomboy yang lebih suka mengenakan pakaian pria daripada wanita.


Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan para produser dalam film ini ingin menyelipkan pesan 'gender free' di dalamnya. Menurut mereka pesan tersebut terbilang penting untuk disampaikan kepada masyarakat luas dikarenakan stigma masyarakat saat ini yang masih mengotak-kotakkan manusia berdasarkan pakaian dan gendernya.



Itu dia 5 fakta tentang film Enola Holmes, kalian jadi tertarik untuk menontonnya? Atau justru kalian sudah nonton?




Penulis: Sitta Fauziah

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Fasya Syifa Mutma

6 views0 comments

Recent Posts

See All