• kompressupj

5 Cara Kembangkan Potensi Diri



Semua orang ingin memiliki hidup lebih baik serta menggapai mimpi yang diinginkan. Apa pun impian Komunikan, tentunya sangat diperlukan kerja keras dan konsistensi dalam mewujudkannya. Namun, untuk melakukan itu tidak didapatkan secara instan, butuh proses di dalamnya.

Guna membantu mengembangkan potensi diri, Komunikan bisa menerapkan 5 cara berikut. Apa saja? Yuk, kita simak!

1. Mengenal diri sendiri

Hal termudah yang bisa Komunikan lakukan dalam mengembangkan potensi diri yaitu dengan mengenali diri sendiri. Kalian bisa bertanya pada diri, apa yang sedang menjadi tujuan hidup selama ini, apa saja hal yang membuat kalian bahagia dan sedih.

2. Cari tahu kelebihan dan kekurangan diri

Masing-masing orang memiliki kelebihan dan kekurangan diri. Untuk menggali potensi diri, penting sekali untuk mengetahui keduanya agar mempermudah tercapainya tujuan dan mempersiapkan diri jika ada masalah yang nantinya akan terjadi. Dalam mengatasi sebuah kekurangan, cobalah untuk menyadari kekurangan dan berusahalah untuk memperbaikinya. 

3. Open-minded terhadap saran dan kritik

Kita harus bersikap terbuka dalam menerima saran dan kritikan dari orang lain. Anggap saja, saran dan kritik tersebut sebagai hal positif yang akan berguna bagi masa depan. Komunikan juga perlu memperhatikan setiap kritikan yang masuk. Jika saran dan kritikan cukup membangun, jadikan saja sebagai bahan untuk introspeksi diri. Namun, jika kritikan tersebut justru membuat potensi diri tidak berkembang, sebaiknya tidak perlu dipikirkan. Terimalah semua kritikan yang masuk dalam diri dan tanggapi dengan baik.

4. Tidak takut mencoba hal baru

Coba hal baru yang dijumpai. Urungkan rasa takut dan gagal dalam mencoba hal baru yang belum pernah Komunikan pelajari. Dalam mempelajarinya sampai ahli di bidang tersebut, diperlukan waktu lebih untuk menggali lebih dalam aktivitas, keahlian baru, atau keterampilan. Ketika mencoba hal baru, Komunikan bisa mendorong diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan siapa tahu kalian bisa  menemukan bakat tersembunyi dalam diri kalian. 

5. Terapkan kebiasaan baik

Terakhir, Komunikan perlu membangun kebiasaan baik. Segala kebiasaan baik yang dilakukan dalam keseharian dapat membuat kita berkembang ke arah yang lebih maju. Perlu diingat, membangun kebiasaan baik memerlukan waktu dan pengulangan yang konsisten. 

Semoga 5 cara mengembangkan potensi diri tadi dapat membantu Komunikan menjadi orang yang lebih maju lagi dan mempermudah dalam mewujudkan mimpi.


Penulis: Hardy Pranata

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Emma Aliudin

21 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com