• kompressupj

10 Tahun One Direction, Yuk Kita Throwback!


Sumber: Pinterest


One Direction telah berumur 10 tahun pada 23 Juli 2020. Grup yang terbentuk oleh kompetisi menyanyi The X Factor Inggris musim ke tujuh ini pun berhasil sampai di posisi ketiga dan mendapatkan kontrak dengan label rekaman salah satu juri kompetisi, Simon Cowell dengan Syco Records pada 2010 silam.

Awalnya mereka beranggotakan lima orang, yakni Harry Styles, Niall Horan, Liam Payne, Louis Tomlinson, dan Zayn Malik. Sepanjang kariernya, One Direction telah mengeluarkan sejumlah album, di antaranya Up All Night (2011), Take Me Home (2012), Midnight Memories (2013), Four (2014), dan Made in the AM (2015).


Masih jelas di dalam ingatan kita ketika video musik “What Makes You Beautiful” dirilis yang seketika membuat popularitas grup tersebut melonjak, tidak terkecuali di Indonesia. “What Makes You Beautiful” terdapat dalam album Up All Night yang menempati urutan atas di berbagai tangga lagu dunia.


Pada bulan September 2012, "Live While We're Young", yang merupakan single utama dalam album kedua mereka yaitu Take Me Home, dirilis dan memuncaki berbagai tangga lagu dunia. Walaupun meraih popularitas dan berbagai penghargaan, hal itu tidak lantas membuat para anggota One Direction menjadi tinggi hati. Pada bulan Februari 2013, One Direction merilis single “One Way or Another” sebagai bagian dari bentuk kegiatan beramal di Inggris, para anggotanya pergi ke Ghana menjadi sukarelawan di rumah sakit anak dan mengunjungi sekolah serta membuat donasi.


Album ketiga mereka yaitu Midnight Memories adalah album dengan penjualan terbanyak di dunia pada tahun 2013 dengan penjualan kurang lebih 4 juta kopi diseluruh dunia. Billboard menetapkan One Direction sebagai artis terbaik pada tahun 2014. Sampai saat ini One Direction telah memenangkan kurang lebih 200 penghargaan Brit Awards, MTV Video Music Awards, Billboard Music Awards, American Music Awards dan Teen Choice Awards.


One Direction sendiri telah menggelar 4 tur dunia. Grup ini mengunjungi Indonesia dalam turnya yang bertajuk On the Road Again Tour pada tanggal 25 Maret 2015 di Gelora Bung Karno. Kemeriahan konser tersebut masih menjadi salah satu momen terbaik dalam ingatan para penggemar One Direction di Indonesia, walaupun salah satu personelnya yaitu Zayn Malik tidak hadir dan absen dari konser di Jakarta dan Manila karena alasan pribadi. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat para penggemar One Direction untuk bertemu dan bernyanyi bersama idolanya, walaupun mereka tampil hanya dengan 4 anggota.


Tahun 2015, Zayn Malik memutuskan hengkang dari grup dan tidak lama kemudian pada Januari 2016 grup ini pun hiatus dari kegiatannya. Namun, para member-nya tetap aktif di dunia hiburan, mereka melakukan rekaman dan merilis lagu dengan label rekaman yang berbeda-beda.

Merayakan 10 tahun terbentuknya grup musik, One Direction (1D) menghadirkan situs web khusus untuk penggemar. Para personel, yakni Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles, dan Louis Tomlinson kembali bersama secara virtual. Terdapat fitur daftar putar yang memudahkan penggemar mengakses lagu-lagu favorit mereka dari One Direction. Penggemar bisa membuat mixtape digital yang dipersonalisasi, kemudian menyimpannya ke layanan streaming yang dipakai.




Penulis: Alya Iasha

Editor: Faliha Ishma Amado

Approved by: Naurissa Biasini

6 views0 comments
 

©2020 by KOMPRESS. Proudly created with Wix.com